Dota 2 News, Dota 2 Guide, Dota 2 Heroes, Dota 2 Item, Dota 2 Patch, Dota 2 Event, Dota 2 Tips, Dota 2 Trick, Dota 2 Weapon, Dota Joke

Beberapa Tipe Drafter Di Dota 2

maxresdefault

Drafter adalah serorang Team Captain yang akan berperan dalam picking dan banning hero di Captains mode. Walaupun yang melakukan picking dan banning di mode tersebut dianggap seorang captain, tapi tidak menentukan bahwa ia adalah Captain dari tim tersebut loh. Oleh karena itu, posisi ini lebih sering disebut dengan drafter. Karena kemampuan untuk memimpin sebuah tim tidak menjamin player tersebut dapat beradu strategi di fase picking dan banning heroes, begitu pula sebalik nya.
Hero yang di pick atau di ban bisa jadi kunci sebuah tim untuk memenangkan pertandingan. Jika sang drafter mampu mengelabuhi tim musuh untuk memilih hero yang sesungguh nya tidak mampu mengcounter hero hero yang di pilih oleh tim nya, bukan kah itu sudah menjadi pertanda bagus bahwa pertandingan akan mudah dimenangkan bukan?
Namun, ada beberapa tipe drafter yang ada di Dota 2, yang manakah kamu?
  1. The Combo Wombo Freak


    Tipe drafter ini terkesan tergila gila dengan mengkombinasikan beberapa hero dengan skill skill yang saling sinergi dan mampu memporak porandakan tim musuh. Memang hal ini sangat bagus banget kalau memang drafter tersebut mampu mengkondisikan tim musuh untuk mengambil hero hero tipe team fighter atau ganker. Kenapa? karena dengan begitu akan ada banyak team fight di sepanjang match dan kalau memang kombo dari strategi itu cukup kuat, maka hasil nya akan bagus banget.
    Tapi, kebanyakan drafter hanya memikirkan bagaimana caranya dia bisa bisa nge-pick hero hero yang dia butuhkan untuk mewujudkan kombo tersebut dan musuh tidak mem-ban hero itu. Kebanyakan tipe draft kombo akan sangat mudah terbaca dari 2 pick pertama, sehingga dengan mudah drafter musuh bisa mem-ban 1 atau 2 hero yang masih di butuhkan. Kalau sudah begitu, ga bisa combo combo an dong? Iya udah bisa di bilang drafter nya sudah gagal, namun masih bisa di akalin dengan mempick hero yang masih sedikit sinergi sehingga bisa jadi strategi cadangan.
    Kelemahan              Strategi Combo Wombo itu membutuhkan frekuensi ganking dan team fight yang sangat aggressive untuk berhasil menguasai permainan. Berarti kalau musuh memilih strategy “Rat” maka besar kemungkinan tim kamu akan kalah.  Karena ketika satu tim sedang berniat untuk nge-gank, otomatis akan ada line yang terekspos, musuh dapat memanfaatkan hal ini untuk menepatkan satu orang hero untuk terus mempush dan menghancurkan tower sedangkan ke 4 lain nya hanya membuat tim kamu sibuk, agar hero “rat” mereka punya waktu lebih untuk menghancurkan tower.
    Kelebihan                Strategi ini sangat baik untuk menekan musuh, karena apa? Kalian di unggulkan dengan kombinasi skill yang bisa di sinergi kan. Dengan kata lain, dari early game pun kalian sudah bisa mendesak carry musuh untuk sulit berkembang.
    .
    .
    .
  2. The Counter


  3. Tipe drafter ini adalah dafter yang berpola pikir bahwa, “Biar menang, gue harus pick counter nya hero yang musuh pick”. Memang itu bener sih, tapi kalau yang di counter adalah hero, maka sudah di pastikan draft kamu akan gagal. Kenapa? Karena dengan terus mengcounter picking hero musuh, berarti membiarkan mereka dapet hero yang mereka mau, dan karena terus mengcounter picking maka belum tentu justru draft kamu jadi lebih kuat dari draft musuh. Bisa jadi malah 5 hero tersebut tidak sinergi sama sekali loh! Counter pick yang tepat adalah dengan mencounter pick strategy, bukan hero nya.
    Kelemahan                 Tipe draft ini bisa menjadi blunder yang sangat fatal, karena dengan terus mengcounter picking hero musuh, maka kamu akan memiliki draft yang besar kemungkinan nya tidak bisa di kombinasi kan sama sekali.
    Kelebihan                   Jika drafter dapat membaca strategi musuh hanya dari 2 pick pertama mereka, dan memprediksi siapakah yang akan menjadi hero core di draft musuh dan nge pick counter nya, maka selamat kamu udah berhasil mengcounter musuh, karena cukup 2 hero yang dapat mengcounter 2 hero core musuh sudah cukup untuk memenangkan mini match yang bernama “drafting” ini. Sedangkan 3 hero lain nya harus hero yang dapat di kombinasikan dengan 2 hero yang mengcounter musuh tadi.
    .
    .
    .
    .
  4. The Commander

Ini adalah tipe drafter yang dapat dengan mudah ditemui di pub game. Drafter dengan tipe ini adalah drafter yang lupa bahwa game yang sedang ia mainkan adalah pub game, dan player yang berada satu team dengan nya adalah player yang di pilih secara random saat matchmaking. The Commander ini akan menganggap bahwa kalau kalian memilih untuk bermain Captains Mode, maka kalian sudah siap untuk bermain dengan hero apapun dan role apapun. Tanpa bertanya dulu sebelum nya apakah ada dari anggota team nya yang bisa menggunakan Meepo atau Invoker, dia akan langsung mempick hero tersebut. Dan karena anggota team nya memilih untuk bermain Captains Mode maka mereka harus bersedia di suruh bermain dengan cara sesuai yang ia inginkan.
Kelemahan                 : Tipe drafter ini bisa menjadi sangat menjengkelkan, dan kemungkinan kamu akan kalah pada game tersebut akan sangat sangat besar, karena anggota tim lain nya yang belum tentu memiliki penguasaan yang baik untuk memainkan hero yang di pilih dapat menjadi kelemahan saat team fight, atau strategi tersebut.
Kelebihan                   Jika drafter tersebut bermain pada MMR 5000+ mungkin tidak jadi masalah, karena kebanyakan pemain pemain tersebut sudah memiliki skill yang mumpuni dan memiliki jam terbang yang tinggi. Sehingga kecil kemungkinan bahwa ada hero yang belum pernah mereka mainkan. 
.
.
.
.

The Weirdo

Kenapa di sebut “The Weirdo” ? Karena orang ini juga ga tau alasan dia mau jadi Captains kenapa, ga punya kemampuan drafting sama sekali sehingga ujung ujung nya akan nanya, “Kalian mau hero apa?” dan semua hero yang di request akan di kasih sama dia. Terus saat nge ban pun dia akan nanya lagi “Kira kira apa ya yang harus di ban?”. Dannnggggg, Berarti apa bedanya dong dengan mode Allpick?
Kelemahan                 : Tipe drafter ini bisa membuat permainan imbalance atau tidak seimbang, kenapa? karena tim musuh yang memiliki drafter yang mempertimbangkan setiap hero yang di ban dan di pick akan memiliki draft hero dengan kombinasi yang baik. Sedangkan tim kamu hanyalah sekelompok player yang bermain mode Allpick tapi hero nya dipilihin orang lain. Gimana mau seimbang coba?
Kelebihan                   Tapi belum tentu ini sangat negatif dan drafter yang bodoh banget. Karena bisa jadi memang dia mau anggota tim nya bermain dengan hero yang nyaman untuk mereka mainin daripada make hero yang ga di kuasain sama sekali. Karena bisa jadi dia akan berkorban dengan ngepick hero yang bisa sinergi dengan 4 hero yang dipilih teman satu tim nya sehingga menjadi sebuah strategi. Gimana? This way much more better than the other ways!
.
.

The Real Drafter 

Tipe drafter ini adalah orang orang yang akan sangat sulit di temukan di public game. Kenapa? karena mereka pada umum nya berada di tim professional yang cukup besar. Sebagai contoh, Clement “Puppey” Ivanov, S4, atau Artstyle. mereka mampu mengelabuhi musuh dari cara mereka melakukan ban dan pick saat sesi drafting. Selain kemampuan analisis dan prediksi akan strategi musuh saat mereka melakukan ban dan pick, The Real Drafter juga pada umum nya tahu persis cara bermain anggota team nya, sehingga dia akan mempertimbangkan untuk memilih hero yang nyaman dimainkan oleh anggota nya. The Real Drafter tahu apa yang harus ia lakukan, sehingga anggota tim bisa mempercayakan sesi drafting ini dan bermain semaksimal mungkin.

Walaupun posisi drafter akan mempengaruhi permainan, tapi tanpa permainan yang baik dari anggota team nya akan tetap sangat sulit memenangkan pertandingan walaupun dengan drafter yang paling jago sekalipun.
Kunci nya adalah sesering mungkin berlatih bersama tim kamu sehingga akan mudah untuk mengetahui cara bermain satu sama lain. Dan membuat kalian terbiasa dengan berbagai macam strategy. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Beberapa Tipe Drafter Di Dota 2

0 komentar:

Post a Comment

Mari berdiskusi