Dota 2 News, Dota 2 Guide, Dota 2 Heroes, Dota 2 Item, Dota 2 Patch, Dota 2 Event, Dota 2 Tips, Dota 2 Trick, Dota 2 Weapon, Dota Joke

Sistem Strategi Posisi 1 – 5 Dota 2

Untitled

Pernah dengar soal role dan posisi yang berupa angka angka?
Nahh kali ini kita akan bahas mengenai pengertian dasar dari Role dan Posisi 1-5 dalam Dota 2.
Kita akan bahas apakah tugas tugas dan peran dari tiap posisi tersebut,  walaupun ada banyak banget hero di Dota 2, tapi umum nya setiap hero punya role nya sendiri, dan posisi ini yang akan menentukan bagaimanakah player harus memainkan hero tersebut.
Dota mempunyai banyak hero.. masing masing mempunyai keunikan tersendiri.. bagaimana cara playernya mengarahkan hero tersebut.

Nah setiap hero memiliki golongan nya sendiri, yaitu Strength, Agility, dan Intelligence. Pada umum nya hero Strength akan memiliki Health Point yang banyak karena kebanyakan atribut nya adalah strenth yang tiap poin nya akan menambahkan HP, tapi bukan berarti semua hero strength adalah tipe Tanker loh. Begitu pula hero intelligence yang cuma bisa ngesupport dengan skill skill nya.
Nahh posisi ini lah yang akan menentukan bagaimana dan apa yang harus dilakukan oleh player terhadap hero nya tersebut, termasuk dalam membuild hero tersebut.
Pada umum nya role dasar hero hero di Dota 2 itu tidak terlalu banyak, yaitu :
1 Official Roles
1.1 Carry
1.2 Disabler
1.3 Lane Support
1.4 Initiator
1.5 Jungler
1.6 Support
1.7 Durable
1.8 Nuker
1.9 Pusher
1.10 Escape
2 Unofficial Roles
2.1 Hard Carry
2.2 Semi-Carry
2.3 Ganker
2.4 Roamer
2.5 Offlaner
Kita bahas yuk tentang masing masing role hero tersebut,

1 Official Roles

1.1 Carry : Hero carry kebanyakan dianggap sebagai pemeran utama dalam sebuah tim, karena dia lah yang bertugas untuk menghabisi lawan dan menguasai late game.
1.2 Disabler : Hero yang mempunyai spell yang dapat men-disable musuh seperti stun, hex, silence, dll
1.3 Lane Support : Hero yang tugas nya untuk ngesupport atau nge babysit-in carry selama di lane.
1.4 Initiator : Hero tipe ini mereka memiliki kelebihan untuk membuka team fight, dan umum nya ada di barisan depan saat team fight
1.5 Jungler : Hero yang punya kelebihan untuk bisa farming di hutan
1.6 Support : Ini sih support secara umum, yang arti nya ya tugas nya untuk ngesupport teman satu tim nya
1.7 Durable : durable kata lain nya adalah tanker, hero ini selalu ada di barisan depan saat team fight karena memiliki armor yang tebal atau HP yang banyak.
1.8 Nuker : Hero hero yang bisa di bilang tukang cicil dengan skill skill nya
1.9 Pusher : Hero tipe ini bisa melakukan push dan menghancurkan tower walaupun sendirian
1.10 Escape : Hero yang dapat kabur dengan mudahkarena mereka memiliki skill blink, leap, atau jump
.

2 Unofficial Roles

2.1 Hard Carry : 
Hero tipe hard carry adalah hero yang memang tujuan nya untuk dapat membunuh musuh dengan mudah di late game, umum nya hero ini punya damage yang sangat sakit di akhir game, tapi di early game akan sangat rapuh
2.2 Semi Carry :
Sedikit sama dengan hard carry, semi carry adalah hero yang lebih mengandalkan skill skill hero nya daripada build item nya.
2.3 Ganker :
Ganker ini bisa di bilang hunter juga, jadi sepanjang game tugas nya dia hanyalah patroli untuk ngekill musuh, dan tujuan utamanya adalah untuk menyiksa carry musuh di late game agar ia tidak bisa berkembang
2.4 Roamer :
Mirip sama ganker, tapi roamer lebih ke support nya, dia tidak akan mengeluarkan potensi terbaik nya jika berlama lama di line
2.5 Offlaner :
Tau safe lane? Offlane adalah line kebalikan dari safelane (Radiant top lane, dire Bottom Lane). Nah hero tipe ini adalah hero yang bisa bermainan di line sendirian, tugas nya mereka adalah untuk mendapatkan level dan ngedeny supaya musuh terhambat perkembangan level nya. Biasa nya hero dengan skill ini adalah hero yang punya skill kabur seperti blink, sprint, atau leap.
.

5 POSISI DOTA

Strategi ini awal nya di populerkan oleh tim tim yang berasal dari china.
Sebetul nya posisi ini cukup simpel banget, dimana angka angka tersebut menunjukan prioritas seorang player untuk farming.
Contoh nya, player di posisi 1 harus mendapatkan farm sebanyak banyak nya, sedangkan posisi 5 adalah hero yang tugas nya untuk membantu posisi1 untuk farming.
Kita liat dibawah nih,
Posisi 1     : Player yang ada di posisi ini tugas nya adalah untuk farming farming dan farming sepanjang early dan mid game. Tujuan nya adalah untuk mempercepat item build agar lebih cepat “jadi” sehingga bisa menjadi ujungtombak tim di late game.
Hero yang umum           : Sniper, Drow Ranger, Juggernaut, dll
Item yang umum           : Item yang berguna untuk menambahkan damage
Farming Line                   : Safe Lane (Radiant Bottom / Dire Top)
Tujuan                                : Menjadi killer di late game
.
Posisi 2     :  Pada umum nya player ini lah yang menjadi pemeran utama di early dan mid game, karena dia akan bermain 1 lawan 1 di line tengah sehingga gold dan level nya akan unggul dibandingkan dengan posisi lain nya. Sehingga posisi ini biasanya lebih aktif untuk bergerak untuk ganking musuh. Posisi ini sangat krusial, karena kalau kalah farming dengan midlaner musuh, maka midlaner musuh tadi akan lebih aktif untuk ganking player posisi 1 di tim kamu.
Hero yang umum           : Shadow fiend, Queen Of Pain, Windranger
Item yang umum           : Blink Dagger, Aghanim Scepter, Vyse of Schyte, Bottle dll
Farming Line                   : Mid Lane
Tujuan                               : Menguasai jalan nya permainan
.
Posisi 3     : Player yang mempunyai prioritas ke 3 untuk farming. Umum nya posisi ini adalah player yang memainkan hero hero yang mengandalkan level nya untuk mendapatkan skill ultimate nya. Biasa nya posisi 3 akan di isi oleh seorang offlaner. Dan biasa nya juga merangkap sebagai initiator.
Hero yang umum           : Slardar, Doom, Dark Seer, Zeus
Item yang umum           : Blink Dagger, Black King Bar, Aghanim Scepter, dll
Farming Line                   : Off Lane (Radiant Top Lane / Dire Bottom Lane)
Tujuan                               : Menguasai jalan nya permainan
.
Posisi 4     : Player yang mempunyai prioritas ke 4 untuk farming. Hero ini juga akan berperan sebagai ganker, tapi lebih fokus terhadap support saan ganking atau team fight. Dalam beberapa situasi posisi 4 ini bisa dibilang sebagai Team Caller arti nya player yang akan memberikan aba aba kapan waktu yang tepat untuk ganking atau team fight.
Hero yang umum           : Enigma, Sand King, Mirana, Lion dll
Item yang umum           : Blink Dagger, Mekansm, Veil of Discort, Drum dll..
Farming Line                   : Safe Lane / Jungle
Tujuan                               : Menjadi support saat team fight, dan pemberi aba aba untuk ganking atau “Team caller”

Posisi 5     : Tugas utama player di posisi yang jarang dapat last hit dan terkesan nya miskin ini bisa menjadi peran yang sangat krusial, mereka lah yang bertanggung jawab untuk baby-sit player di posisi 1 supaya cepet “jadi”. Selain itu ia juga lah yang bertugas untuk beli item item untuk keperluan tim seperti ward, sentry, dust, smoke, courier, dll. Selain itu dia juga yang bertanggung jawab atas keberhasilan hero carry untuk farming, termasuk berkorban untuk di bunuh musuh agar hero carry bisa kabur dan tetap hidup.
Hero yang umum           : Dazzle, Crystal Maiden, Shadow Shaman, dll
Item yang umum           : Ward, Courier, Sentry, Smoke, Dust of Appearance, dll
Farming Line                   : Safe Lane
Tujuan                               : Menjadi support dengan mengorbankan gold nya demi item keperluan tim, dan mengorbankan diri agar carry bisa selamat

Memang posisi tersebut bisa berubah sewaktu waktu tergantung dengan bagaimanakah berjalan nya permainan.
Dan hero hero yang cocok dengan posisi tertentu juga bisa berubah posisi nya menyesuaikan dengan strategi. Contoh nya Tuskar yang cocok pada posisi 3, bisa juga menjadi sangat bagus di posisi 4 loh.
Jadi sesuaikan potensi setiap hero dengan strategy kalian untuk menentukan posisi posisi nya.
Nah itu dia penjelasan mengenai roles dan posisi, semoga bisa membantu ya

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sistem Strategi Posisi 1 – 5 Dota 2

0 komentar:

Post a Comment

Mari berdiskusi