Dota 2 News, Dota 2 Guide, Dota 2 Heroes, Dota 2 Item, Dota 2 Patch, Dota 2 Event, Dota 2 Tips, Dota 2 Trick, Dota 2 Weapon, Dota Joke

INTERVIEW DENGAN KYLE “BEEF” BAUTISTA, GENERAL MANAGER COMPLEXITY! The International 2017 semakin dekat, bagaimanakah kondisi tim asal Amerika Utara ini?

Halo sobat RevivaLTV! Kemarin, kami mendapat kesempatan untuk mewawancarai Manajer Umum dari organisasi compLexity, yaitu Kyle “Beef” Bautista. Beef dulu sempat menjadi pemain substitute untuk compLexity pada tahun 2015.
Topik wawancara kali ini adalah compLexity Dota 2 dan The International 2017 mendatang. Berikut hasil wawancara yang telah diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia.
Slacks Mewawancarai Beef saat TI6.
Bisakah anda memperkenalkan diri dan posisi anda di organisasi compLexity?
Hi, nama saya Kyle “Beef” Bautista, saya adalah Manajer Umum untuk compLexity.
Sebagai Manajer Umum coL, hal-hal apa saja yang anda lakukan agar tim coL dapat bermain dengan baik, terutama sebelum ajang-ajang besar seperti TI7?
Sebagai Manajer Umum coL, saya mengawasi seluruh pekerjaan dari hari ke hari di setiap tim dan departemen masing-masing. Di dalam divisi Dota 2, saya memastikan bahwa coach dan manajer tim dapat mengerjakan tugas-tugas mereka dengan baik, menyediakan resource dan bantuan logistik untuk para pemain, dan membantu mereka dalam aspek-aspek seperti latihan komunikasi, atau bahkan semudah sebagai seseorang yang dapat diajak bicara pada saat-saat penuh tekanan/stress.
Adam “343” Erwann Shah bin Akhtar Hussein
Dengan adanya tambahan Adam “343” sebagai coach coL, menurut anda, akahkah ia mempertajam performa dan membantu coL secara signifikan?
Kami sangat senang untuk memiliki Adam dalam tim coL (343 Menjadi Coach compLexity Dota 2). Apalagi dengan adanya swindlemelonzz dan DeMoN di tim, kami sudah memiliki segudang pengalaman dan opini tentang cara-cara bermain yang berbeda, serta bagaimana tim kami harus dipimpin. Adam membantu mengurangi sedikit kebisingan dan memperkuat apa yang harus kami fokuskan dan membantu menyatukan gameplan kami secara menyeluruh.
Belakangan ini, ada banyak pemain-pemain dari Asia Tenggara yang berpindah ke Amerika untuk mendapat scene Dota yang berbeda, contohnya Adam sendiri. Apa pendapatmu tentang pemain-pemain tersebut?
Menurut saya game Dota 2 sekarang benar-benar global, dan ini adalah hal yang baik. Valve agak membungkam tentang “peraturan” mereka untuk pergerakan pemain/tim global, namun selama tahun-tahun terakhir kami mulai memahami maksud mereka, dan tampaknya berjalan baik-baik saja. Saya senang melihat pemain dari seluruh region yang bermain di Amerika Utara saat ini.
Bicara tentang ajang-ajang LAN sebelum TI7, jadwal mereka sangatlah padat. Bagaimanakah opini anda tentang jadwal ini? Apakah menurut anda jadwal mereka terlalu padat?
Saya tidak berpendapat bahwa jadwal mereka terlalu padat saat ini. Jika sebuah tim mencoba untuk berpartisipasi dalam setiap ajang yang diselenggarakan, itu baru gila; namun hal itu tidak perlu dilakukan dalam kondisi saat ini. Saya lebih memilih jika jadwal-jadwal mereka lebih terorganisir, terutama memfokuskan lebih banyak ajang regional dan bermain melawan tim-tim yang bukan tier1. Kupikir hal ini justru merupakan masalah yang lebih besar dibanding jadwal ajang yang padat.
Image Courtesy: dotablast.com – Kyle “swindlemelonzz” Freedman
Format TI7 baru saja diumumkan, apa pendapatmu tentang format baru ini dan bagaimana format tersebut akan mempengaruhi tim-tim yang berpartisipasi?
Menurut saya format baru ini sangatlah bagus. System wildcard memang bekerja dengan baik, tapi kupikir system ini jauh lebih baik. Kami selalu meminta grup yang lebih besar saat round robin, dan inilah yang kami dapatkan. Menurut saya, cara inilah yang terbaik agar setiap tim dapat menunjukan kemampuan mereka masing-masing.
Karena tim coL akan melewati babak kualifikasi region Amerika Utara, siapakah musuh terberat bagi coL di babak tersebut? Dan jika kalian dapat menghadapi tim manapun pada babak tersebut, tim manakah yang ingin kalian hadapi?
Menurut saya Team NP pastinya adalah musuh terberat kami. Tidak sedikit yang berpendapat bahwa mereka adalah salah satu dari 10 tim terbaik sedunia saat ini, bahkan beberapa menganggap bahwa mereka tadinya akan mendapat Direct Invite untuk TI7. Jika kami dapat menghadapi tim manapun pada babak tersebut, maka kami ingin melawan Evil Geniuses. Entah mengapa, kami cukup baik melawan mereka, LOL. Pada kenyataannya, kami menantikan untuk menebus diri melawan Team Freedom setelah beberapa kekalahan buruk melawan mereka.

Melihat Prizepool TI yang selalu meningkat, menurut anda, mengapa Prizepool TI selalu meningkat dari tahun ke tahun? Apakah karena jumlah penonton yang terus meningkat atau merchandise yang dijual justru makin menarik?
Saya sangat ingin berkata bahwa hal itu disebabkan dengan meningkatnya jumlah penonton, tapi saya rasa bukan itu sebabnya. Saya berpikir bahwa setiap tahun untuk mendapatkan tingkat kepuasan yang sama, investasi yang dibutuhkan sudah naik sedikit. Orang-orang juga sangat ingin “mengalahkan rekor” setiap tahunnya, memang hal ini bagus untuk para pemain, namun belum tentu baik dalam aspek “mental” scene kompetitif.
Keluar dari topik ajang TI7, sempat ada rumor tentang TI7 yang akan diselenggarakan diluar Amerika karena persoalan tentang memasuki negara tersebut.  Tetapi, TI7 masih saja akan diselenggarakan di Amerika, akankah hal ini mempengaruhi pemain non-Amerika?
Kita mungkin akan terus melihat beberapa masalah di TI tahun ini. Pemain Filipina dan China akan terus menjadi pemain yang paling terpengaruh, meski dengan adanya babak kualifikasi region Amerika Selatan tahun ini, pemain Brazil atau Peru mungkin juga akan terpengaruhi. Babak kualifikasi diadakan sekitar 6-7 minggu sebelum TI, saya berharap tadinya mereka diadakan beberapa minggu lagi sebelum TI, tapi apa boleh buat. Selama Valve memberikan dokumentasi, instruksi, dan dukungan terbaik, maka mereka akan baik-baik saja.
Terakhirnya, apa yang anda ingin katakan untuk penggemar anda dan coL di luar sana?  
Kepada semua penggemar kami – saya tahu ini bukan tahun yang mudah untuk mendukung kami. Kami telah berjuang, tapi akhirnya kami di sini. Ini adalah musim TI dan ini adalah saat terkuat kami. Tim kami terlihat hebat, dan pelatih 343bekerja keras untuk membantu kami menjadi lebih baik setiap hari. Kami harap kalian akan bersorak untuk kami di babak regional dan di Seattle nanti. Terima kasih atas dukungannya!

Kira-kira begitulah wawancara kita bersama Kyle “Beef” Bautista. Sepertinya setiap tim sudah mulai serius dalam bermain, apalagi dengan TI7 yang tidak lama lagi akan dimulai. Good luck, compLexity!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

0 komentar:

Post a Comment

Mari berdiskusi