NoobFromUA Terkena Copyright Strike

Belum lama ini, sebuah kanal YouTube paling familiar di komunitas Dota 2 yaitu NoobFromUA, mengabarkan pada khalayak ramai bahwa mereka terkena copyright strike oleh PGL. Hal ini dikarenakan mereka melakukan upload beberapa pertandingan di Dota 2 Asia Championship 2018.
dac 2018
DAC 2018
Seperti yang kita tahu, PGL memang memiliki hak siar turnamen ini. Dan mereka bisa dengan mudah menjatuhkan “hukuman” untuk kanal satu ini. Namun, hal ini mendapatkan respon berbeda dari banyak kalangan.
Beberapa dukungan mengalir, mengingat NoobFromUA secara rutin dan cepat selalu mengunggah video-video turnamen-turnamen yang ada di Dota 2. Meskipun begitu, diakui atau tidak, mereka sekedar melakukan reuploading dengan mengambil “data” yang PGL berikan.
noobfromua copyright
NoobFromUA
Untuk mereka yang mendukung NoobFromUA, apa yang kanal ini lakukan juga menjadi salah satu cara pengabadian. Seperti yang kita tahu, Dota 2 Rebornbeberapa tahun lalu membuat seluruh data dari Source 1 hilang karena Source 2 yang sekarang digunakan. Namun apa yang dilakukan oleh NoobFromUA juga tidak 100% benar mengingat konten yang mereka berikan merupakan hak milik dari mereka yang mengorganisir sebuah turnamen.
Beberapa cuitan yang sempat beredar beberapa hari lalu menunjukkan betapa mengenaskannya kanal YouTube satu ini. NoobFromUA juga sempat menunjukkan usahanya agar kanal satu ini tidak sampai “gulung tikar.”
All my videos taken down by PGL, My channel is closed. I got 3 strikes.
:(

Kejadian ini sempat mengingatkan kita sekitar 2 tahun lalu di mana NoobFromUA masih sering melakukan unggahan kepada beberapa video stream dari pro player. Masih teringat jelas saat zai sempat ngomel soal ulah NoobFromUA yang dengan seenaknya mengambil konten orang dan melakukan monetisasi. Sayangnya, cuitan tersebut sudah dihapus.
Ironisnya, para streamer Twitch termasuk zai, juga dengan sangat sadar melakukan stream dengan musik-musik yang memiliki hak cipta.
Kembali ke kasus saat ini, akhirnya NoobFromUA mengambil gerakan yang cukup mengejutkan dan patut diapresiasi. Mereka secara senang hati memilih untuk mencari beberapa caster freelance yang tentunya akan mendapatkan honor. Caster-caster tersebut difungsikan sebagai pengganti audio dari game-game yang mereka rekam. Seperti di bawah ini:
HumanistCastLysanderXonora, dan MLPDotA, bergantian mengisi konten dari NoobFromUA. Hal tersebut ternyata diapresiasi oleh para komunitas dan tidak mempermasalahkan siapa caster yang hadir. Bahkan, banyak juga yang mengatakan bahwa caster-caster ini tak kalah bagus dengan caster-casterternama lainnya.
Saat ini, kanal NoobFromUA sudah berjalan kembali seperti biasa. Diharapkan, setelah drama ini usai, semakin banyak para content creator melek soal hak cipta. Bukannya apa-apa, tapi jika konten keren terkena copyright strike, bukan hanya sang kreator yang stress namun para penikmat pun juga akan kecewa. Bukan begitu?
Buat lebih berguna, sebarkan:
close
CLOSE [X]