Tim Dota 2 Wanita Penuh Talenta! Cening Ayu Gaming

Dalam kancah esports, biasanya kita lebih familiar dengan pemain-pemain laki-laki. Namun siapa sangka kancah esports tanah air kedatangan sebuah tim Dota 2yang di si para srikandi bertalenta, Cening Ayu Gaming.
Cening Ayu Gaming sendiri merupakan tim Dota 2 yang berdomisili di Denpasar, Bali. Kancah esports Bali memang memiliki komunitas uniknya tersendiri dan kehadiran tim tersebut ke kancah profesional Dota 2 sekaligus menepis tentang ketidakmampuan kaum hawa untuk berkarir ke ranah esports.
RevivalTV memiliki kesempatan untuk mengenal lebih jauh tentang kehadiran Cening Ayu Gaming ke ranah esports Dota 2 Indonesia melalui sang kapten tim Charity “TamTam” Tamara. Tanpa basa-basi, ayo kita kenalan dengan tim asal Pulau Dewata tersebut.

Source: Cening Ayu Gaming Facebook Fanpage

Momen terbentuknya tim, tidak ayal menjadi cerita unik tersendiri. Kami menanyakan bagaimana awal mula terbentuknya anggota tim Cening Ayu Gaming, “kami terbentuk 2 tahun lalu, tepatnya sewaktu event meet and greet Nixia di Bali.
Awal tim terbentuk dimulai dari 3 orang, sampai akhirnya kami bisa terkumpul dengan 7 orang pemain di susunan tim.”
Anggota Cening Ayu Gaming sendiri memiliki total 7 pemain termasuk Stand-in.Berikut nama pemain dengan role dan hero favoritnya masing-masing:
  • Anastasya “M1ND” Ade, Carry, (Medusa)
  • Michelle “Michehe”, Offlane, (Bristleback)
  • Paramitha “Metong” Pradnya, Midlane (Tinker)
  • Charity “TamTam” Tamara, Support (Nightstalker)
  • Ayu “Goldgirl999” Diana, Support (Crystal Maiden)
  • Ani “Ahnnn~” Moi, Standin (Axe)
  • Gayatri “aya” Putri, Standin (Ursa)

Roster Cening Ayu Gaming (Kiri-kanan: M1ND, Metong, TamTam, Michehe, Goldgirl999). Source: Cening Ayu Gaming Facebook Fanpage

Selain beranggotakan wanita, nama Cening Ayu Gaming dirasa cukup menarik untuk dibahas. Kami menanyakan bagaimana awal mula pengunaan nama Cening Ayu Gaming sebagai sebuah tim. Tamara mengatakan, “Asal-usulnya dari mantan manajer, hahaha.

Waktu itu dia mengusulkan nama Cening Ayu karena kita tim asal Bali, jadi baiknya memakai nama tim dalam bahasa Bali juga. Cening ayu sendiri mempunyai arti gadis cantik dalam bahasa Bali.” ungkap wanita dengan nickname TamTam tersebut.

Karena terbilang baru, tim ini belum memperoleh prestasi, Tamara menambahkan bahwa tim nya baru benar-benar aktif tahun lalu. Untuk tahun sebelumnya mereka lebih fokus bagaimana membentuk gameplay team yang baik juga mencari rostertambahan.
Charity Tamara mengaku sempat bermain League of Legends terlebih dahulu sebelum pindah ke game Dota 2. Wanita dengan nickname TamTam tersebut sudah bermain Dota 2 dalam waktu yang cukup lama, kurang lebih 3 tahun atau tepatnya di tahun 2015.

Dokumentasi: Cening Ayu Gaming

Terkait pertanyaan klasik, bagaimana pendapat orang tua, khususnya Charity Tamara mengenai karirnya sebagai pemain profesional?
Wanita yang memiliki hobi cosplay itu berkata, “responnya sih mereka mendukung, karena orang tua aku sendiri gamerwkwk. Mereka gamer PS1 dan PS2, bahkan dulu suka sharing masalah kombo game Tekken.
Waktu mereka tau kalau aku mau membentuk tim esports wanita di Bali, mereka dukung karena itu bukan suatu hal yang negatif.”

CAG sendiri sempat mengikuti Go-Net Tournament pada bulan Desember 2018 lalu dan Moess Tournament tanggal 23 Maret 2018 lalu. Walau belum mampu mengukir prestasi Cening Ayu Gaming mengaku akan terus belajar untuk memperbaiki performa tim.
Untuk mengakhiri sesi wawancara, Charity Tamara memberi semangat bagi para wanita yang ingin terjun ke dunia esports di Indonesia, “Jangan takut buat bentuk tim wanita kalian. Tingkatkan skill dan jangan malu bertanya dengan yang lebih jago dari kalian.
Jatuh bangun itu wajar yang penting mau belajar dan memahami rekan se-tim. Dan yang paling penting, hindari drama ya, ahahaha. Salam Cening Ayu Gaming dari Bali!”
Cening Ayu Gaming berencana mengikuti Spyro Reborn Online Tournament Season 1 pada tanggal 13-15 April 2018 untuk mencari gelar perdana mereka.

Source: Spyro Reborn Facebook Fanpage


Semoga Cening Ayu Gaming mampu menunjukkan kemampuan mereka di turnamen-turnamen terdekat dan dapat menorehkan prestasi ya, Semangat pokoknya buat Tamara dan kawan-kawan.
Kalian bisa ikuti perjalanan mereka dengan like Facebook fanpage tim CAG di tautan berikut: Cening Ayu Gaming.
Buat lebih berguna, sebarkan:
close
CLOSE [X]