Tim Berisikan 5 Bot AI Siap Kalahkan Team di Ajang The International 8



Tahun lalu di ajang The International 7 kita sempat dikejutkan dengan sebuah acara yang memang tidak terduga, yakni pertarungan para pemain DOTA 2 ternama melawan sebuah Bot yang dikembangkan oleh OpenAI untuk bisa bermain DOTA 2, teruntuk memenangkan Mid Lane. Secara mengejutkan, tidak ada satupun pemain profesional yang berhasil mengalahkannya dan Bot tersebut mulai ramai diperbincangkan.

Memulai sebuah projek sejenis, OpenAI nampaknya masih belum puas dengan pencapaian mereka tahun lalu dan mencoba menghadirkan sebuah tim yang berisikan 5 Bot OpenAI yang sudah dilatih setiap harinya dengan kualitas gameplay terbaik untuk bisa hadir berkompetisi dan mengalahkan tim-tim besar yang akan hadir dalam ajang The International 8 tahun ini di Kanada.

Penasaran bagaimana projek ini? Berikut ada cuplikan langsung dari tim OpenAI melalui kanal Youtube mereka:

Bot yang mereka kembangkan ini, mereka klaim sudah dapat mengalahkan tim dengan rata-rata MMR sebesar 5500 yang notabene merupakan Top 1% dunia dari segi MMR bila dilihat dari beberapa refrensi. Tentu saja hal itu bisa dibilang sangat menyeramkan, mengingat pemain dengan MMR 5500 pastinya telah bisa bermain DOTA 2 dengan cukup baik dan mengerti seluruh dasar-dasar permainan dengan mumpuni.
Menggunakan teknologi yang lebih baik lagi dibandingkan saat mengerjakan OpenAI Bot untuk 1 vs 1 tahun lalu, besar harapan mereka pada tim yang mereka bangun ini. Meski harus dibilang bahwa mereka masih ada beberapa kekurangan yang harus mereka upayakan, seperti dalam hal Invisibility, pengambilan last hit dan juga pemakaian kurir, namun hal tersebut nampaknya akan segera terselesaikan. Mengingat setiap harinya mereka meluangkan sangat banyak waktu untuk terus mengembangkan Bot baru mereka ini.
Beberapa pola mereka temukan dalam pengerjaan tim Bot AI ini, dan mereka juga menjabarkannya dengan baik yang bisa kalian lihat penjabarannya dibawah ini:

Dari cuplikan yang diberikan, kita juga dapat melihat bagaimana kerjasama tim yang mereka hasilkan sangatlah luar biasa dan terlihat sangat terkalkulasi dengan baik. Mereka berhasil mengalahkan para staff terbaik dari OpenAI yang pastinya punya kemampuan yang cukup mumpuni. Buat kalian yang masih penasaran detilnya, kalian bisa melihat seluruh catatan OpenAI melalui laman mereka untuk projek ini.
Buat kalian yang penasaran, bulan depan mereka akan memulai Stream untuk mempertunjukkan tim yang berisikan 5 Bot ini melawan tim-tim besar yang mereka undang. Buat kalian yang mungkin berdomisili di San Fransisco, Amerika, kalian juga dapat menyaksikan langsung kehebatan bot-bot ini. Untuk informasi lebih lanjut, kalian bisa langsung mengakses laman resmi dari Open AI.
Buat lebih berguna, sebarkan:
close
CLOSE [X]